Usaha rumahan ibu rumah tangga lazim dilakukan oleh para wanita yang lebih memilih bekerja di rumah. Menjadikan rumah tidak hanya sebagai tempat tinggal tetapi juga lahan usaha merupakan tindakan kreatif.  Hal itu sesuai dengan konsep bisnis modern, yakni menjadikan rumah sebagai small office home office (SOHO). Memulai bisnis rumahan sambil mengerjakan pekerjaan rutin dapat menjadi usaha yang menguntungkan.

Telah banyak bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang lahir dan dikendalikan dari dalam rumah. Bahkan, banyak wanita mampu menjadikan hobby sebagai ladang bisnis untuk cari uang. Sebagian orang beranggapan bahwa sebuah keluarga akan lebih banyak rezekinya jika wanita sebagai isteri selalu berada di rumah. Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga tidak kalah mulia dibanding suami yang bekerja mencari nafkah di luar rumah.

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga yang membuka bisnis rumahan memiliki peluang yang sama dengan laki-laki, bahkan tidak jarang yang lebih sukses. Kenyataan membuktikan, wanita lebih pandai menjual dibanding pria. Lihat saja betapa uletnya para SPG, sales promotion girl yang pandai menawarkan produk kepada konsumen.

Banyak macam bisnis rumahan yang bisa dirintis oleh para wanita sambil mengerjakan tugas sebagai ibu rumah tangga. Berbagai kegiatan sehari-hari di dapur bisa dijadikan bekal dalam memulai usaha rumahan. Disamping membina anak-anak, dapat memperoleh penghasilan tambahan tanpa harus bekerja di luar rumah maupun di kantor.

Usaha Makanan
Salah satu yang pasti sangat disukai wanita adalah membuka usaha katering. Bisnis makanan memiliki prospek yang bagus karena selama manusia punya perut, selama itu pula manusia butuh makan. Bagaimana kalau tidak mahir memasak? Datangkan saja tukang masak yang paling top di lingkungan anda, ajak kerja sama.

Tips Membuka Usaha Makanan
1.    Sesuaikan rasa dengan selera konsumen. Caranya, kunjungi tempat-tempat penjual makanan yang ramai pembeli. Belilah dan rasakan, coba tiru dan tingkatkan rasa yang berhasil anda dapatkan.
2.    Perbarui dan perbaiki kualitas masakan buatan anda. Sekali-sekali, coba bagikan secara gratis kepada beberapa teman dan mintalah saran; apa kekurangan masakan buatan anda.
3.    Layanan dan tampilan prima. Lihat bagaimana penjual makanan yang laris tadi melayani pembeli. Anda  bisa melayani lebih dari yang mereka lakukan.
4.    Jika usaha makanan anda dalam kemasan, buat kemasan yang menarik agar memiliki nilai lebih dibanding yang lain. Ini untuk menciptakan image terhadap produk anda.
5.    Usaha waralaba bisa menjadi pertimbangan untuk menjadikan usaha makanan anda lebih besar dengan jangkauan pasar yang luas.

Usaha Laundry
Bisnis cuci baju bisa menjadi alternatif lain jika anda merasa tidak pandai memasak. Walaupun bisnis laundry sedang marak, peluang mendapat pelanggan masih besar. Dengan kesibukan yang padat warga kota, seringkali tidak mau direpotkan dengan urusan cuci baju. Mencari pembantu juga sering menimbulkan masalah, tidak cocok dengan hasil cucian, atau bahkan hal-hal lain yang justru mengganggu keutuhan rumah tangga. Akhirnya, pilihan jatuh pada menyerakan urusan cuci dan seterika baju kepada jasa laundry.

Bisnis laundry tidak memerlukan modal yang terlalu besar namun mampu membangkitkan usaha kecil menengah yang sukses di perkotaan. Dengan bermodal awal dua mesin cuci dan peralatan lain yang modalnya sekitar 10 – 20 juta sudah bisa membuka usaha laundry. Modal terbesar dan terpenting adalah keberanian untuk mengawali usaha yang mungkin tidak pernah terbayang sebelumnya.

Tips Memulai Usaha Laundry
1.  Kuasai secara detil sifat usaha rumahan bisnis laundry ini. Mulai dari air yang dibutuhkan, listrik, sistem bisnisnya, apa saja faktor yang membuat orang berkeinginan membeli jasa laundry dan termasuk harga jual.
2.  Berusaha mempelajari perilaku pesaing, misalnya terkait harga jual yang mereka terapkan. Sebagai contoh, harga jual mereka Rp 6.000. Berapa keuntungan yang diperoleh dengan harga tersebut. Kemudian yang Anda perlu ketahui adalah berapa kilo kira-kira dalam sehari laku terjual. Selain itu Anda mesti cari tahu mengenai hari-hari apa saja yang paling laris dan yang paling sepi. Berapa banyak pegawai yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. Apakah cukup satu orang atau dua orang. Kenapa Anda perlu mengetahui beberapa hal itu? Supaya Anda bisa dengan mudah melakukan hal yang kurang lebih sama dengan pesaing Anda.
3.  Ciptakan hal-hal baru dalam usaha laundry anda. Anda bisa menggunakan prinsip ATM (Amati Tiru Modifikasi) dengan mempertimbangkan daya beda, differensiasi. Kalau Anda belum mampu melakukan modifikasi, maka sebaiknya lakukan saja pengamatan terlebih dahulu dan kemudian Anda lakukan peniruan terhadapnya sesuai dengan kemampuan Anda.
4.  Menjual dengan harga yang sedikit lebih murah dari pesaing merupakan salah satu bentuk modifikasi dalam bisnis. Wanita sebagai ibu rumah tangga sangat sensitif dalam urusan potongan harga. Contohnya seperti ini: jika pesaing atau pemain yang sudah lebih dulu ada menjual dengan harga Rp 6.000, sebaiknya Anda tidak menjual dengan harga yang sama. Juallah dengan harga Rp 5.500. Hal ini akan membuat usaha laundry anda terlihat beda di mata konsumen. Jika cara ini membuat anda merugi, cari alternatif seperti pengerjaan cepat selesai atau memberikan pelayanan antar jemput cucian langsung ke rumah pelanggan.
5.  Pelanggan dengan order besar laik diberi diskon. Misalnya, untuk cucian 1 s.d. 3 kilo tanpa diskon, untuk pemesanan 5 kilo berikan potongan harga 500 rupiah per kilo. Di mata pelanggan, ini akan terlihat beda.
6.  Carilah mitra bisnis untuk anda jadikan semacam agen yang dapat memasarkan produk anda. Pemberian imbalan bisa dengan sistem komisi atas penjualan yang yang diperoleh. Jadi, anda tidak harus menggaji mereka.

Usaha rumahan ibu rumah tangga sangat menjanjikan keuntungan secara meteri maupun sosial. Dengan membuka bisnis rumahan, lingkungan sekitar akan semakin mengenal anda dan tentunya akan memperbanyak relasi. Itu bisa menjadi modal awal untuk mengembangkan usaha dan membuka bisnis UKM lainnya.

Incoming search terms:

  • cara usaha ibu rumahan
  • bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga
  • usaha laundry rumahan
  • bisnis/usaha ibu rumah tangga
  • usaha rumah tangga